Penghargaan Efisiensi Energi Nasional

Kategori PEEN 2017

Dalam penyelenggaraan PEEN 2017, berbagai kategori dilombakan agar mampu mencakup
semua kegiatan berbasis efisiensi energi nasional dari berbagai kapasitas instansi, kategori
yang dilombakan adalah sebagai berikut:

A. Kategori bangunan gedung hemat energi

1. Gedung Hijau

a. Kecil dan Menengah

Bangunan dengan luas kotor 300-5000 meter persegi(tidak termasuk lapangan parkir) dan telah beroperasi minimal 1 tahun.

b. Besar

Bangunan dengan luas kotor di atas 5000 meter persegi(tidak termasuk lapangan parkir) dan telah beroperasi minimal 1 tahun.

2. Gedung Baru
3. Gedung Retrofitted

Kategori bangunan gedung hemat energi, sub kategori Gedung Baru terbuka untuk umum dengan usia operasional gedung maksimum 5 tahun dan telah beroperasi secara aktif selama minimal 1 tahun.

Bangunan yang telah dilakukan perbaikan (retrofitted) dengan tujuan meningkatkan efisiensi energi. Usia gedung lebih dari 5 tahun dan telah beroperasi minimal selama 1 tahun setelah perbaikan. Penurunan konsumsi energi setelah di retrofit minimal 20% untuk perbaikan AC dan minimal 10 % untuk perbaikan non AC.

4. Gedung Tropis
5. Inovasi Khusus

Terbuka untuk umum dengan luas lantai ber-AC kurang dari 50% dari total luas lantai (Gross Floor Area — GFA). Total luas lantai minimal 500 meter persegi (tidal termasuk area parkir). Penggunaan Passive Design diutamakan. Tidak termasuk bangunan keagamaan dan tanpa batasan maksimal usia gedung.

Proyek-proyek khusus berupa studi, aplikasi dan/atau pengembangan/inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk menurunkan konsumsi energi di gedung- gedung. Proyek tersebut dapat ditujukan untuk mempromosikan pengembangan solusi dan inovasi efisiensi energi.

B. Kategori Manajemen Energi Pada Industri dan Bangunan Gedung

Industri

1. Kecil dan Menengah
2. Besar

Terbuka untuk semua jenis gedung yang telah beroperasi selama minimal 3 tahun dengan TEC(Thermal Energy Consumption) di bawah 30 juta MJ/tahun.

Terbuka untuk semua jenis gedung yang telah beroperasi selama minimal 3 tahun dengan TEC(Thermal Energy Consumption) di atas 30 juta MJ/tahun.

Gedung

1. Kecil dan Menengah
2. Besar

Terbuka untuk semua jenis gedung yang telah beroperasi selama minimal 3 tahun dengan konsumsi listrik di bawah 2.000 MWh/tahun.

Terbuka untuk semua jenis gedung yang telah beroperasi selama minimal 3 tahun dengan konsumsi listrik di atas 2.000 MWh/tahun.

Inovasi Khusus

1. Bangunan Gedung
2. Industri

Proyek-proyek khusus berupa studi, aplikasi dan/atau pengembangan/inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk menurunkan konsumsi energi pada bangunan gedung. Proyek tersebut dapat ditujukan untuk mempromosikan pengembangan solusi dan inovasi efisiensi energi.

Proyek-proyek khusus berupa studi, aplikasi dan/atau pengembangan/inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk menurunkan konsumsi energi pada aktifitas industri. Proyek tersebut dapat ditujukan untuk mempromosikan pengembangan solusi dan inovasi efisiensi energi.

C. Kategori Penghematan Energi dan Air

1. Pemerintah Pusat
2. Pemerintah Daerah

Termasuk di dalam kategori ini adalah semua instansi pemerintah dalam ruang lingkup pemerintahan pusat.

Termasuk di dalam kategori ini adalah semua instansi pemerintah dalam ruang lingkup pemerintahan daerah.