Penghargaan Efisiensi Energi Nasional

Tentang PEEN 2017

Saat ini kebutuhan energi kita pada umumnya berasal dari energi fosil khususnya minyak bumi. Sekitar 95% dari total kebutuhan energi nasional kita masih dipenuhi dari energi fosil tersebut. Dengan semakin menipisnya cadangan minyak dan gas bumi di Indonesia, serta pertumbuhan tingkat pemakaian energi di Indonesia yang cukup besar, yaitu rata-rata 7% pertahun, maka Pemerintah telah mengembangkan kebijakan energi nasional kita dengan 2 kebijakan utama yaitu  diversifikasi energi, yakni mencari energi alternatif yang bersumber dari energi baru terbarukan dan konservasi energi yaitu menggunakan energi secara efisien dan rasional. 

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program-program efisiensi dan konservasi energi, salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai efisiensi dan konservasi energi, baik dalam bentuk sosialisasi dan bimbingan teknis termasuk labelisasi produk elektronik peralatan rumah tangga dalam rangka memberikan informasi dan pengetahuan kepada stakeholder.  

Sehubungan dengan sosialisasi dan bimbingan teknis tersebut, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah mendorong masyarakat dan stakeholder untuk melakukan aksi efisiensi dan konservasi energi. Hal ini dapat dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan insentif dalam bentuk monetory seperti berbagai dukungan pendanaan dan non monetory seperti bentuk penghargaan (kompetisi). 

Sebagai salah satu bentuk penghargaan dalam bentuk non monetory yang diberikan oleh Kementerian ESDM adalah Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) kepada pihak Pemerintah maupun para pemangku kepentingan yang telah berhasil menerapkan efisiensi dan konservasi energi di sektor industri dan bangunan gedung, serta di lingkungan instasi pemerintah. 

Penghargaan Efisiensi Energi Nasional Ke-6 Tahun 2017 (PEEN 2017) merupakan kegiatan untuk memberikan penghargaan kepada para institusi pemerintah dan pemangku kepentingan di sektor bangunan dan industri sehubungan dengan upaya-upaya efisiensi dan konservasi energi terbaik yang telah diterapkan di lingkungannya.

Penyelenggaraan Kegiatan PEEN 2017 juga dalam rangka mempersiapkan Indonesia dalam mengikuti ajang ASEAN Energy Award Tahun 2018. Kegiatan Penghargaan ini merupakan seleksi atau penjaringan tingkat nasional terhadap calon-calon peserta yang akan diikutsertakan dalam kegiatan ASEAN Energy Award Tahun 2018 nanti.

ASEAN Energy Award merupakan kegiatan tahunan regional ASEAN yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di regional ASEAN.

Maksud Pelaksanaan kegiatan PEEN Ke-6 Tahun 2017 adalah untuk mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi di sektor industri dan bangunan gedung di Indonesia.

TUJUAN KEGIATAN INI ADALAH

- Meningkatkan partisipasi para pemangku kepentingan/ stakeholder dalam mensukseskan program-progam Pemerintah Indonesia di bidang efisiensi dan konservasi energi.

- Meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan/ stakeholder akan perlunya penerapan efisiensi dan konservasi energi, manajemen energi, serta inovasi dalam rangka peningkatan daya saing dan kualitas di sektor industri dan bangunan gedung.

- Menghasilkan model-model industri dan bangunan gedung yang hemat energi serta penerapan manajemen energi yang baik di Indonesia sehingga dapat  dijadikan contoh dan dapat direplikasi.
Memberikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan program-program penghematan energi dan air di lingkungannya.

Jadwal Pelaksanan PEEN 2017

Kategori A dan B :

Sosialisasi Pemasukan Formulir Aplikasi  : Februari-Juni 2017

Batas Akhir Pemasukan Formulir Aplikasi : 7 Juli 2017

Penjurian                                                : 18-20 Juli 2017

Kategori C : 

Pengiriman Undangan                              : Februari 2017

Pengiriman Pengisian Kuisioner                : 20-25 Maret 2017

Batas Waktu Pengembalian Kuesioner      : 28 April 2017

Pemilihan Finalis                                     : 9 Mei 2017

Verifikasi Lapangan                                 : 15 Mei - 8 Juli 2017

Penjurian                                                : 18 -20 Juli 2017

 

MALAM PENGANUGERAHAN PEEN 2017

8 Agustus 2017 (tentative)

 


PANITIA PEEN 2017
Direktorat Konservasi Energi
Direktorat Jenderal Energi Baru,Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE)
JI. Pegangsaan Timur No. 1A, Cikini —Jakarta Pusat
Telp    : 021 – 3192 4572
Fax    : 021 – 3192 4594
Kontak : Zawa ( 0856 4920 6256 )  | kerjasama.dek@gmail.com    
Media (0878 5332 9598)  |  kerjasama.dek@gmail.com